5 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Pernah mendengar daun kelor? Jika iya, apakah Anda tahu bahwa daun kelor yang biasanya tumbuh di pekarangan ini memiliki berbagai macam manfaat? Tanaman yang mempunyai nama latin Moringa Oleifera ini bisa diolah menjadi berbagai macam cara mulai dari makanan hingga masker wajah. Tanpa menunggu lama inilah macam-macam manfaat daun kelor dan cara tepat untuk mengolahnya.

 

Berbagai Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolah yang Tepat

 

1. Melancarkan produksi ASI

Daun kelor sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Ia mempunyai kandungan laktagogum yang bermanfaat melancarkan dan meningkatkan ASI. Sedangkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil dapat meningkatkan hemoglobin. Perlu diketahui bahwa hemoglobin ini berperan penting untuk meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan DNA.

2. Mengobati dan mencegah berbagai jenis penyakit

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu mampu mengobati sekaligus mencegah berbagai penyakit kronis. Para peneliti telah menguji kandungan yang terdapat dalam daun kelor dan menyatakan bahwa ia memiliki banyak kandungan yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Daun kelor memiliki kandungan potasium yang berguna untuk mengontrol darah, fitosterol yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol, kalsium berguna untuk memperkuat tulang dan gigi, vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, daun kelor juga mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri.

3. Memperkuat daya ingat dan otak

Manfaat lain dari daun kelor yaitu dapat menguatkan daya ingat serta fungsi otak. Dalam daun kelor terdapat kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan otak. Kuatnya fungsi otak ini bisa meminimalisir risiko terkena kelainan dan penyakit Alzheimer.

4. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Dikenal dengan kandungan yang beraneka ragam, daun kelor juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada daun kelor dapat membantu produksi kolagen, membuat kulit lebih sehat dan bebas dari radikal bebas serta kandungan antioksidan yang baik bagi kulit.

Selain kulit, manfaat daun kelor yang lain yaitu menjaga kesehatan pada rambut dan kulit kepala. Dengan menggunakan daun kelor rambut akan semakin sehat dan memiliki akar yang kuat sehingga menekan kerontokan.

5. Pengolahan daun kelor yang tepat

Daun kelor termasuk tumbuhan dengan daun kecil penuh manfaat yang dapat diolah menjadi apa saja. Misalnya dijadikan sayur, teh daun kelor, jus bahkan menjadi masker. Untuk mengolah menjadi sayur daun kelor bisa ditambahkan dengan berbagai sayur lainnya seperti bayam atau jagung.

Anda juga bisa membuat teh daun kelor sendiri caranya cukup pilih daun kelor muda beberapa helai. Kemudian bersihkan dan jemur di tempat terbuka, usahakan tidak terpapar matahari langsung agar nutrisinya hilang. Setelah kering, tumbuk hingga halus dan simpan dalam toples. Seduh bubuk teh sekitar 1 sampai 3 sendok dengan air panas dan tambahkan madu agar manis.

Bubuk daun kelor tersebut juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan wajah dan rambut. Untuk rambut Anda bisa menambahkan air lalu oles ke seluruh rambut. Sedangkan untuk masker wajah, bisa ditambahkan madu atau alpukat segar. Anda bisa mendapatkan bahan yang masih segar tersebut di tanihub.com.

Itulah berbagai macam manfaat daun kelor serta cara mengolah yang mudah sehingga bisa Anda coba. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan daun kelor segar yang bisa didapatkan di tanihub.com.