Tahap-Tahap Mudah Penggunaan Headphone/ Headset Bluetooth


Ada salah satu perangkat elektronik nirkabel yang disenangi banyak orang yaitu headphone bluetooth. Penggunaan perangkat ini sangat fleksibel karena bisa dipakai di mana saja pada keadaan apa saja. Berbeda dengan headphone yang memakai kabel karena kita akan terganggu dengan kabel tersebut. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara memakai headset bluetooth pada smartphone atau pun perangkat lainnya. Sehingga kalian tidak akan kebingungan ketika ingin memakai headphone bluetooth tersebut.

Aktifkan headset

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengaktifkan headphone bluetooth dengan menekan tombol ON atau daya yang terdapat pada perangkat headset tersebut. Sebagian besar jenis headset ini mempunyai lampu indikator dan akan menyala saat headset aktif atau diisi ulang dayanya. Kalau headphone bluetooth anda menunjukkan lampu LED yang berkedip, maka berarti headset tersebut aktif. Pada beberapa headset yang tanpa kabel, terkadang butuh waktu untuk menekan tombol daya lama agar bisa menyalakannya. Pastikan anda membaca dengan baik dan detail petunjuk penggunaan produk headphone bluetooth yang dimiliki.

Setting headset dalam pairing

Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan headphone bluetooth dengan gadget. Kalau antara smartphone belum terhubung, caranya dapat dengan menekan lalu menahan tombol ON atau tombol multi-fungsi hingga beberapa detik. Untuk beberapa tipe, warna yang akan muncul dari LED saat mode pairing yaitu merah atau bisa juga merah-biru. Hal ini tergantung dari brand headset yang digunakan.

Aktifkan bluetooth pada gadget yang ingin terhubung dengan headset

Tentunya bluetooth pada perangkat harus ON. Caranya bisa dengan jalan pintas yaitu lewat status bar. Tetapi bisa juga dengan melalui menu pengaturan atau settings kalau anda menggunakan smartphone. Pastikan memilih cara yang paling efektif dan mudah. Agar bisa menghubungkan headphone bluetooth dengan laptop, maka tidak semua laptop telah dilengkapi fitur bluetooth. Jadi periksa apakah laptop anda memiliki bluetooth atau belum memilikinya. Bluetooth laptop bisa kalian aktifkan dengan tombol bluetooth yang berada di samping, lewat pintasan dan di keyboard.

Search atau pindai headset bluetooth

Selanjutnya kalian harus memindai headset di perangkat yang ingin dihubungkan. Hal satu ini bertujuan supaya kita tahu headset yang sudah diaktifkan bisa terdeteksi atau tidak. Tunggu beberapa detik saja sampai proses pemindaian selesai dan headset terdeteksi. Kalau tidak terdeteksi, maka coba ulangi sekali lagi proses pemindaian perangkat tersebut. Cara lain jika memang belum terdeteksi, matikan terlebih dulu headset bluetooth lalu kemudian dinyalakan lagi. Matikan juga baik itu headset bluetooth serta fitur bluetooth perangkat kemudian diulangi kembali langkah-langkah di atas.

Hubungkan gadget dengan headset

Kalau sudah berhasil menemukan perangkat, maka langsung sambungkan saja headphone bluetooth tersebut. Biasanya, untuk proses pairing, anda akan diminta input PIN. Setelah pesan sudah muncul kalau headset berhasil terhubung, maka headset bluetooth siap digunakan. Kalau misal headset dengan perangkat pernah terhubung sebelumnya, maka akan jauh lebih mudah. Anda cukup menyalakan headset bluetooth serta fitur bluetooth pada perangkat yang dipakai. Kedua perangkat berpasangan otomatis, hal satu ini terdeteksi langsung dengan normal. Kalau belum terdeteksi, ikuti cara sebelumnya yang perlu mematikan terlebih dahulu. Kalau perangkat beserta headset bluetooth sudah berhasil terhubung, maka kalian bisa mulai mendengar musik. Bisa juga dimanfaatkan untuk menerima atau melakukan panggilan telepon. Sebenarnya hampir beberapa perangkat bluetooth yang ada di pasaran memiliki cara penggunaannya yang kurang lebih sama.